Obat Mujarab Menghindari Rasa Malas Belajar


Sebelumnya aku mau nanya sesuatu ni ke kamu; “Hal apa saja yang membuat kamu malas belajar?”. Pikir dulu jawaban kamu sebelum menjawab pertanyaan itu. Hehehe
Yang pastinya, jawaban kamu itu akan terabaikan begitu saja, jika kamu mau lakukan hal-hal yang coba aku sajikan berikut. Insya Allah.

Sebelum lanjut membaca, aku mau mengajak kamu bertakbir dulu, tiga kali aja. Okey. Mulai… ” ALLAHU AKBAR… ALLAHU AKBAR… ALLAH AKBAR “. Kita lanjut ya. Langsung aja, ini dia beberapa ” Tips Menghilangkan Rasa Malas Belajar ” :

Pertama, berwudhulah, karena dengan berwudhu secara langsung kamu juga akan membasuh wajah dan menyegarkan kembali aura wajahmu yang tadinya ngantuk, ketiduran dan macam-macam alasan lainnya. Kalau bisa mandi sekalian terus wudhu.

Kedua, menghirup udara pelan-pelan melalui hidung kemudian menghembuskannya lewat mulut dengan cara berdiri untuk menambah kesegaran dan ketenangan.

Ketiga, memulai dengan membaca Ta’awudz dan Basmalah. Semoga pekerjaan kita baik membaca atau menyelesaikan tugas tidak diganggu oleh syaitan dan akan diberkahi oleh Allah Swt,. Hal ini supaya aktivitas bernilai ibadah.

Keempat, ada saatnya untuk mengubah posisi. Misalkan posisi duduk ketika membaca. Ataupun bisa jadi dari posisi duduk berubah menjadi berdiri, namun jangan sampai dari duduk terus berbaring, kemungkinan besar bisa ketiduran.

Kelima, berpindah dari ruang satu ke ruang lainnya. Bisa saja disiasati seperti berpindah dari kamar ke beranda ruang tamu atau bahkan ke dapur dan ke luar rumah untuk sesekali emandang alam.

Keenam, membuat sesuatu yang menyegarkan. Contohnya saja seperti membuat minuman teh, kopi atau jus bahkan kue-kue kecil untuk menghilangkan rasa bosan dan menjernihkan pikiran.

Ketujuh, ketika sudah selesai belajar, bersyukur dan ucapkanlah Hamdallah seraya berdoa kepada Allah. Semoga apa yang baru saja dikerjakan tadi bermanfaat untuk hari esok dan hari yang akan datang.

Itulah beberapa tips agar kita terjauh dari sifat malas. Jangan lupa juga kita harus berdoa meminta kepada Allah agar senantiasa diberikan semangat dan keistiqamahan dalam beribadah. Amin.

Wallahu’alam… Wanisbatu al-Ilmi Ilaihi Aslam.

Satu Tanggapan

  1. Saleum,
    tips yang bagus syedara, semoga bisa diaplikasikan oleh sahabat pelajar lainnya. dan saya pun pernah juga memberi tahu pada murid2 saya mengenai tips ini walaupun gak semuanya.🙂

    saleum dmilano

Silakan komentar sesuka Anda :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: