6 Gangguan Kesehatan Akibat Ngeblog – Mana Yang Anda Alami?


Oleh : Wamaa Taufiqii Illa Billahi

Bagi saya sendiri ngeblog adalah aktivitas yang mengasyikkan sekaligus memakan banyak waktu. Walaupun blog ini masih dalam campur-adukan. heheh. Tak heran, saya sering duduk berjam-jam memelototi komputer saat membuat tulisan, blogwalking, membalas komentar, riset kata kunci, dan sebagainya.

Tak jarang pula saya begadang dalam mengelola blog-blog yang saya miliki. Akibatnya, beberapa kali saya mengalami gangguan-gangguan kesehatan seperti:

1. Mata merah

Saat akhir pekan, saya sering menggunakan komputer sampai 12 jam tanpa pelapis anti radiasi. Akibatnya mata saya menjadi merah karena radiasi yang dihasilkan monitor komputer.

2. Nyeri punggung

Nyeri punggung merupakan gangguan yang paling sering dialami oleh saya karena harus duduk dalam jangka waktu panjang dengan posisi tubuh yang buruk. Nyeri punggung ini saya rasakan saat ngeblog atau baru bangun tidur.

3. Masuk angin

Karena saya seorang mahasiswa, akhir pekan adalah waktu yang tepat bagi saya untuk ngeblog. Oleh karena itu, saya sering begadang untuk meng-update blog-blog yang saya miliki. Akibatnya, saya beberapa kali menderita masuk angin karena mungkin saja terkena angin malam.

4. Batuk

Mungkin bagi blogger mania yang kecanduan rokok, tanpa disadari berjam-jam duduk di depan komputer tidak cukup 2 bungkus rokok. akibatnya ketika hendak istirahat setelah nge-blog bersiap-siap lah batuk akan mengintai anda. karena bagi pecandu rokok ketika sedang enak beraktivitas di situlah berbatang-batang menghabiskan sigaret itu.

5. Pegal pergelangan tangan

Pergelangan tangan pegal dan jari merupakan gangguan kesehatan lain yang sering saya alami. Kondisi ini karena saya menggunakan jari terus menerus untuk mengetik dan mengklik mouse.

6. Pilek

Seperti yang dinyanyikan Rhoma Irama, terlalu banyak begadang dan terkena angin malam akan memudahkan penyakit datang. Salah satu penyakit itu adalah pilek (flu). Hal ini karena kondisi tubuh saya tidak fit sehingga rentan terhadap serangan virus influenza.

Itulah 6 gangguan kesehatan yang pernah saya alami akibat ngeblog. Bagaimana dengan Anda, apakah pernah mengalami gangguan kesehatan di atas?

Silakan komentar sesuka Anda :)

